Header Ads

Cara Format USB Flash Disk - di Linux

Tahun 2019, sudah begitu banyak distro varian Linux yang hadir dan bermunculan dan semuanya menawarkan keunggulan dan ciri khas dari masing-masing varian Linux tersebut. Namun, salah satu keunggulan sistem operasi Linux, yang dimiliki oleh semua varian Linux yang ada sampai dengan saat ini ialah adanya sistem terminal-native atau yang dikenal dengan istilah shell. Dimana dengan susunan kode baris perintah yang benar yang diinputkan pada shell yang aktif,  para pengguna Linux dapat melakukan apa saja terhadap sistem operasinya.

Ulasan kali ini yakni, membahas tentang teknik atau cara melakukan formating pada media USB-Flash disk yang terpasang dengan sistem operasi Linux. Tedapat beberapa cara praktis yang digunakan untuk melakukan formatting atas USB-Flash disk ini, namun ulasan kali ini membaginya menjadi dua bagian, yakni :
  • Menggunakan Shell atau Terminal
  • Menggunakan Aplikasi tambahan
Teknik melakukan formatting USB-Flash disk menggunakan Shell atau Terminal di Linux

Seperti pembahasan sebelumnya, sistem operasi Linux memiliki keunggulan yaitu adanya shell atau terminal yang fungsinya dapat mengatur keseluruhan aktifitas pada sistem operasi tersebut. Kali ini contoh yang diberikan adalah melakukan formating USB-Flash disk.

Langkah awal, Anda harus mengetahui dulu identitas atau parameter dari USB-Flashdisk yang ingin anda format, yaitu dengan mengetikkan baris perintah sebagai berikut :

$ df -h

Anda akan mendapatkan respons dari sistem operasi Linux, dengan menampilkan seluruh daftar device yang terpasang pada sistem operasi Linux saat ini.


dalam contoh kali ini, /dev/sdb1 adalah USB-Flashdisk yang akan kita format. Langka berikutnya adalah melakukan un-mount atas device tersebut dengan cara mengetikan baris kode perintah dibawah ini :

$ sudo umount /dev/sdb1

Lanjutkan dengan perintah format sesuai dengan tipe file sistem yang Anda inginkan

ini untuk tipe file sistem vfat
$ sudo mkfs.vfat /dev/sdb1

ini untuk tipe file sistem NTFS

$ sudo mkfs.ntfs /dev/sdb1

jika selesai, maka silahkan cek USB-Flash disk anda melalui file manager.



Teknik melakukan formatting USB-Flash disk menggunakan Aplikasi tambahan
Cara selanjutnya, adalah cara melakukan formating USB-Flash disk dengan menggunakan aplikasi tambahan, jadi Anda tidak perlu lagi memasukan baris perintah pada terminal seperti yang dilakukan pada cara pertama tadi. Aplikasi yang digunakan pada contoh ini adalah gparted. Aplikasi ini cukup populer dan banyak digunakan saat ini serta penggunaanya pun cukup mudah.

Seperti pada tahap sebelumnya, Anda harus melakukan un-mount dulu atas device yang akan anda format, yaitu hanya dengan proses klik-kanan. Setelah proses un-mount berhasil lakukan langkah selanjtnya yakni melakukan format serta pemilihan tipe file sistem yang Anda inginkan. Semuanya hanya tinggal Anda klik, dan selesai.



Dua teknik diatas, cukup mudah untuk dilakuakan. Jadi silahkan Anda bereksperimen dan melakukannya beberapa kali hingga menjadi terbiasa.

Selamat mencoba.

No comments:

Powered by Blogger.