Header Ads

Menjadikan ZSH sebagai Shell Default di Linux

ZSH atau Z-Shell, merupakan salah satu shell atau terminal yang cukup diminati serta populer saat ini. Secara default terminal yang ada di mesin Linux ataupun OSX adalah Bash-Shell, namun banyak diantara penggiat komputer/geek yang menggunakan ZSH sebagai shell ataupun terminal defaultnya.



Alasan utama penggunaan ZSH ini, tidak lain adalah fitur-fitur yang dapat dinikmati didalamnya. Yakni fitur autocomplate - Path yang dituju, autocomplate untuk perintah CLI, serta themes yang dapat digonta ganti sesuai selera.

Jika ingin menggunakannya, silahkan lakukan instalasi terlebih dahulu 

sudo apt install zsh
lakukan pengecekan terhadap shell yang digunakan dengan kode sebagai berikut :


$ echo $SHELL
jika masih terbaca sebagai BASH, maka anda perlu melakukan pengaturan tambahan, yakni merubah terminal saat ini menggunakan ZSH-Shell

$ chsh -s /bin/zsh
$ sudo chsh -s /bin/zsh
dengan dua baris kode diatas, Anda secara langsung telah melakukan perubahan shell-default yang sebelumnya Anda gunakan, yakni BASH-Shell menjadi ZSH Shell.
Langkah selanjutnya lakukan restart terhadap sistem operasi.

Lakukan langkah kedua untuk mengecek kembali Shell yang anda gunakan saat ini. Jika sudah berganti ke ZSH, maka Anda telah berhasil melakukan langkah diatas.
Selanjutnya Anda tinggal melakukan konfigurasi tambahan, agar lingkungan terminal/shell yang Anda gunakan saat ini lebih nyaman dan lebih membuat Anda produktif.

Selamat mencoba.





No comments:

Powered by Blogger.