Header Ads

Linux/Unix System Information Tools - Berbasis CLI

Command Line Interface atau yang lebih dikenal dengan istilah CLI, adalah sebuah cara atau metode untuk berinteraksi dengan sistem operasi dengan cara memasukan baris perintah guna menyelesaikan tugas tertentu. CLI sendiri bagi para pengguna Linux/Unix sudah merupakan hal yang wajib dikuasi termasuk syntax baris perintah sederhana sampai dengan hal kompleks mampu dilakukan dengan metode ini.

Kali ini, kita akan mencoba menggali informasi dari sebuah system Linux yang terpasang pada perangkat Laptop. Di dunia Linux/Unit itu sendiri terdapat beberapa system information tools yang berbasis CLI, dan berikut tiga Linux/Unix system information tools yang kerap digunakan saat ini.



Uname


Uname adalah tools yang secara default sudah terinstall didalam sistem Linux/Unix, dan Uname adalah tools sederaha yang digunakan untuk mengecek detail suatu system.
Cara penggunaan :

$ uname [option] ..

-s--kernel-namePrint the kernel name.
-n--nodenamePrint the network node hostname.
-r--kernel-releasePrint the kernel release.
-v--kernel-versionPrint the kernel version.
-m--machinePrint the machine hardware name.
-p--processorPrint the processor type, or "unknown".
-i--hardware-platformPrint the hardware platform, or "unknown".
-o--operating-systemPrint the operating system.
--helpDisplay a help message, and exit.
--versionDisplay version information, and exit.

tampilan yang dihasilkan cukuplah sederhana.

Screenfetch


Screenfetch merupakan tools keren yang dapat menampilkan detail dari sistem Linux/Unix yang kita gunakan.


Screenfetch sudah tersedia dihampir semua Linux Distribusi, dan proses instalasinya juga sudah bisa menggunakan peket manajemen software yang ada di masing-masing varian Linux. Dari informasi yang dihasilkan oleh screenfetch, sudah cukup jelas dan sudah cukup detail. Dan tools ini cukup sederhana yakni hanya dengan menjalankan satu baris perintah saja melalui terminal linux. Hebat bukan....?

$ screenfetch

Neofetch

Neofetch hampir sama dengan system information tools sebelumnya, pendekatan keindahaan dari ASCII adalah hal yang ditonjolkan dari tools ini. Untuk menjalankannya pun hanya dengan satu baris perintah saja.

$ neofetch
Sementara untuk jenis perintah serta konfigurasi yang lebih komoleks dapat menggunakan baris perintah :

$ neofetch --help



Dari 3 tools diatas, memiliki fungsi yang sama yakni sebagai tools untuk menampilkan informasi terhadap sistem operasi yang Anda gunakan. Dan semuanya berbasis CLI sehingga untuk menjalankannya Anda tidak perlu khawatir terhadap sumberdaya komputasi karena tools ini tidak memanfaatkan GUI dan tidak membuat performance Linux Anda melambat.


Selamat Mencoba


No comments:

Powered by Blogger.