Header Ads

Kumpulan Software Free - OpenSource Terbaik saat ini

portal32.net-blog linux indonesia

Banyak para praktisi IT dan masyarakat umum saat ini secara perlahan sudah mulai mengkonsumsi aplikasi Free OpenSource Software, perilaku ini merupakan pertanda baik dan merupakan iklim positif untuk dijadikan sebagai suatu model pembelajaran pada tahap dini dalam menyongsong Revolusi Industri 4.0. Dengan banyaknya pengguna "OpenSource" software diharapkan pengetahuan serta skill terhadap penguasaan suatu interface bahkan fungsi dari sebuah aplikasi itu sendiri bisa berkembang, dalam artian EndUser yang ada saat ini telah banyak dihadapkan dengan beragam pilihan aplikasi untuk menyelesaikan satu atau dua tugas/keperluan tertentu, tidak seperti dulu monoton dan hanya mengandalkan satu aplikasi andalan, apalagi aplikasi berbayar.


Bukan hanya bebas untuk diguanakan, "OpenSource" software ini pula didukung dengan komunitas yang tersebar di seluruh dunia dan selalu aktif untuk melakukan pengkinian atas produk dari aplikasi tersebut, dan yang pasti tidak memaksa Anda untuk membeli lisensi yang harganya susah untuk dijangkau. 


Bagi  Anda yang ingin mengetahui lebih jelas tentang Kumpulan Aplikasi Free OpenSource Software, berikut kami rangkum ulasannya.


1. Libre Office



Aplikasi ini adalah aplikasi Alternatif yang fungsinya sama seperti Microsoft Office. Aplikasi ini bebas untuk Anda gunakan, tanpa perlu membeli Lisensi yang harganya lumayan mahal. Kompabilitas Aplikasi ini tidak perlu diragukan lagi, anda dapat mengolah data mulai dari Word, SpreedSheet, Presentasi, dan basis data lainnya dengan menggunakan satu paket dari aplikasi ini. Komunitas besar serta Supporting team yang ada di LibreOffice selalu siap dalam menghadapi masalah yang Anda temukan dalam penggunaan Aplikasi ini, tak hanya itu - Ribuan template yang bebas untuk Anda Download dan gunakan juga sudah disiapkan.
Aplikasi ini pun tersedia untuk berbagai platform Mulai dari Microsoft Windows, Linux dan MacOS.




2.  Audacity


Aplikasi yang satu ini adalah aplikasi Editor Audio terbaik saat ini dan 100% Free dan bebas untuk digunakan. Anda dapat mengedit Audio dengan ukuran besar atau membuat sebuah konten podcast dengan aplikasi ini. Proses rekamannyapun terbilang mudah, kecil kemungkinan terjadi error serta  mudah dalam pengoperasinnya. Fitur yang disajikanpun sangat lengkap yang pasti membuat hasil editan audio ataupun rekaman Anda layaknya Audio Profesional. Aplikasi ini juga multiplatform dan Anda wajib mencobanya.







3. GIMP



Gimp adalah aplikasi yang fungsinya sama dengan Adobe Photoshop, namun untuk menggunakannya Anda tidak perlu membeli Lisensi seperti software Editing Gambar - berbayar lainnya. Gimp adalah Image Manupulation, atau dikenal dengan Editor Gambar dan sampai saat ini GIMP adalah opensource terbaik dalam hal pengelolaan gambar.  Tools ini dilengakpi dengan banyaknya addons, efek serta filter sehingga fitur yang ditawarkan adalah fitur premium dan yang pasti kualitas yang dihasilkan pun layaknya gambar profesional. Aplikasi ini tersedia juga untuk berbagai platform.



4. WPS-Office

Walaupun masih pendatang baru, WPS-Office mampu memikat hati para pengguna aplikasi kantoran, Aplikasi ini mampu memberikan kenyamanan serta kemudahan layaknya subuah aplikasi berbayar. Fitur kolaborasinya pun tak tanggung-tanggung dirilis untuk digunakan secara bebas beserta lusinan template yang telah tersedia dan siap pakai. Aplikasi ini menyediakan paket pengolahan dokumen, pengolahan spreedsheet serta pengolahan presentasi. Panel-panel dan toolbarnya dibuat sedemikian rupa menyerupai aplikasi premium yang selama ini dikenal masyarakat, hal ini dengan maksud agar pengguna tidak perlu lagi beradaptasi terhadap tata letak dari masing-masing panel dan tool bar.

Situs Resmi : https://www.wps.com/id-ID/download/



4. VLC

VLC adalah aplikasi pemutar video sejuta umat. Banyak user dan mungkin termasuk Anda pula, adalah pengguna VLC. Sebagai pemutar video yang OpenSource, VLC memiliki puluhan codec multimedia yang dapat memutar video dan audio dengan kualitas yang tidak perlu diragukan lagi. Selain itu, VLC pun kini bisa dijadikan sarana podcast atau menonton siaran streaming online dan yang pasti bebas untuk digunakan serta bisa dipasangkan di berbagai platform Aplikasi. Interface menu dan perintah yang ada didalamnya pun sengaja dibuat mudah dan solid dengan tujuan tidak lain untuk mempermudah pengguna dalam pengoperasiannya. Manajemen subtitle yang handal membuat VLC masih tetap menjadi aplikasi pemutar video opensource terpopuler sampai saat ini.

Situs Resmi : https://www.videolan.org/vlc/







Software free opensource diatas adalah software yang penggunaannya free alias gratis, dan bebas untuk Anda gunakan. Apakah gratis itu mengurangi nilai fungsi suatu produk atau aplikasi? Jawabannya TIDAK. Justru saat ini banyak aplikasi OpenSource yang digunakan oleh perusahaan kelas dunia dan terus dikembangkan oleh banyak programer profesional guna untuk meningkatkan hasil dan kualitas yang maksimal.


Dan hebatnya lagi aplikasi diatas adalah aplikasi yang dapat Anda pasang dan pakai di berbagai platform sistem operasi yang beredar di masyarakat Indonesia.


Selamat Mencoba

2 comments:

Ade Malsasa Akbar said...

Salam kenal dan salam hangat untuk penulis Portal32!

Ternyata website ini baru aktif 2019 sejak bulan April. Saya senang tulisan-tulisan seputar perangkat lunak bebas dalam bahasa Indonesia. Saya paling tertarik dengan judul artikel ini ketika pertama berkunjung dan saya lihat Anda mempromosikan perangkat lunak bebas terfavorit saya yaitu LibreOffice di sini. Saya berharap Anda memperbanyak percobaan-percobaan Anda terhadap perangkat lunak bebas lainnya --saran saya, GNU Octave-- dan perbanyak aplikasi pada daftar di atas. Nanti di media sosial, Anda akan bisa membagikan URL ini sesering mungkin kepada orang-orang yang butuh rekomendasi.

Saran saya, Anda seharusnya menampilkan nama Anda di tulisan Anda. Kami pengunjung tentu ingin memanggil nama Anda ketika berkomentar.

Bolehkah saya mengoreksi? Di atas ada WPS Office, yang patut diketahui itu perangkat lunak *tidak* bebas alias prlisensi oprietary software alias bukan free software. Lisensi WPS Office itu sama dengan lisensi Microsoft Office. Bila Anda berupaya beralih dari MSO, Anda perlu beralih juga dari WPS. Anda sudah benar dengan merekomendasi LibreOffice bahkan menaruhnya nomor 1.

Mengenai pernyataan "Software free opensource diatas adalah software yang penggunaannya free alias gratis, dan bebas untuk Anda gunakan" ada 2 kesalahan, pertama pengartian free dengan gratis, dan kedua pernyataan itu tidak benar khusus untuk WPS. Adapun WPS bukanlah perangkat lunak bebas jadi seharusnya tidak ada di dalam artikel ini.

Free software bukan tentang gratis, tetapi tentang bebas, tentang hak pengguna. Saudara perlu biasa mengatakan free software itu bebas (hak pengguna ditunaikan sepenuhnya) dan bukan biasa mengatakannya gratis. Definisi resmi perangkat lunak bebas itu ada dan Anda bisa membacanya di https://www.gnu.org/philosophy/free-sw.en.html.

Saya berharap Anda datang ke kursus online GNU/Linux yang saya buka untuk semua orang. Saya juga membahas "blogging topik GNU/Linux" di antaranya. Silakan lihat kursusteknoplasma.wordpress.com. Terima kasih atas tulisan ini. Semoga Anda sukses.

Salam hangat dan jabat erat,

Ade Malsasa Akbar

portal32 said...

Terima kasih atas masukannya Pak Ade Malsasa Akbar.

Powered by Blogger.