Portal Linux Indonesia

Breaking

Tuesday, September 10, 2019

Trik Agar Hemat Battery Laptop di Linux

portal32.net-blog linux indonesia
Pengguna Laptop yang memasang sistem operasi Linux sebagai sistem operasi utama mereka, terkadang sering mengalami peristiwa borosnya daya battery. Hal ini lazim dan banyak disebabkan oleh berbagai faktor, yang salah satunya adalah driver dari perangkat yang digunakan.

Namun kini,  tidak perlu khawatir. Termasuk Anda yang tetap setia dengan menggunakan Linux. Kini hadir software TLP yang merupakan salah satu software powerfull CLI yang mampu menyimpan energi battery laptop Anda, tanpa perlu mengerti hal teknis atau konfigurasi yang harus dengan skill menengah keatas. Yang perlu dilakukan adalah memasang TLP dan menjalankannya. That's it... Cukup simple bukan...?

Secara default TLP sudah dikonfigurasi sedemikian rupa untuk mengoptimalkan performance battery serta efisiensi terhadap daya yang digunakan. TLP pun tersedia  disemua distribusi Linux. Mulai dari Debian, Fedora, Slackware, Gentoo dan masih banyak lagi, serta dukungan terhadap brand-brand laptop yang beredar dipasaran.

Jika ingin mencobanya, silahkan lakukan langkah-langkah dibawah ini yang dimulai dari proses penginstallan terlebih dahulu.


sudo add-apt-repository ppa:linrunner/tlp
sudo apt-get update
sudo apt-get install tlp tlp-rdw


Kemudian jalankan aplikasi

sudo tlp-start

untuk mengetahui status apakah TLP berfungsi dengan baik, maka Anda dapat melakukan pengecekan dengan perintah berikut :

sudo tlp-stat -s

Anda dapat mencoba beberapa perintah CLI lainnya seperti


sudo tlp ac   
sudo tlp usb  
sudo tlp-stat -b    
tlp-stat -t    

Langkah terakhir adalah membuat TLP ini berjalan otomatis pada sistem Linux yang Anda gunakan, dengan menggunakan baris perintah di bawah ini :

systemctl enable tlp.service
systemctl enable tlp-sleep.service


Selamat Mencoba


No comments:

Post a Comment