Portal Linux Indonesia

Breaking

Wednesday, October 2, 2019

Cara Menginstall Desktop Environment XFCE Linux

Xfce adalah salah satu Desktop Environment Linux/Unix yang populer saat ini selain Gnome dan KDE. Xfce disinyalir adalah Desktop Environment Linux yang sederhana, gesit, dan tidak rakus akan resource atau sumber daya komputasi yang ada  serta elegan.
Saat ini Xfce sudah masuk ke pembaharuan Versi 4.xx, dimana banyak perbaikan serta pembaharuan yang dilakukan termasuk pada pemrosesan pengelolaan dokumen/file manager. Dan yang pasti Desktop Environment ini masih terus mempertahankan kesederhaannya ditengah perang fitur dan kelengkapan Desktop Environment lainnya.

portal32.net-blog linux indonesia
Bagi Anda yang ingin memiliki Desktop Environment yang ringan serta tetap elegan tidak ada salahnya untuk mencoba Xfce. Berikut langkah-langkah Cara Menginstall Desktop Environment  XFCE di Linux.

sudo apt install xfce4
sudo apt-get install lightdm
sudo apt-get install ubuntu-session
sudo apt install libexo-1-0

Proses instalasi ini telah dicoba pada Distro Ubuntu 18.04 LTS dan 19.04, dan berjalan sukses. Setelah proses instalasi selesai, maka lakukan restart pada sistem operasi Linux Anda. Setelah itu maka akan terlihat Desktop Environment Xfce pada kotak dialog login screen, seperti yang nampak dibawah ini :


portal32.net-blog linux indonesia

maka Anda akan menikmati sensasi Desktop Environment Xfce yang sederhana, ringan dan elegan. Kumpulan tema serta icons menarik juga tersedia untuk Desktop Environment yang satu ini. Jadi walaupun sederhana, Anda dapat membuatnya tetap ciamik dan tidak ketinggalan jaman. Anda dapat mendapatkan informasi tentang Desktop Environment ini melalui situs resminya yang dapat Anda akses di :  https://xfce.org


Selamat mencoba



No comments:

Post a Comment