Portal Linux Indonesia

Breaking

Thursday, October 10, 2019

Install Apache, MySQL, PHP (LAMP) di Ubuntu Linux



portal32-lamp
   portal32.net-blog linux indonesia


LAMP merupakan sebuah istilah yang ada di dunia komputerisasi dan merupakan singkatan dari Linux, Apache, MySQL dan Perl/PHP/Phyton. Lebih khusus didunia web programing, istilah LAMP itu sendiri sudah tidak asing, karena tools ini merupakan kumpulan tools Open Source yang sering digunakan untuk membangun, menjalankan serta mendeploy sebuah aplikasi berbasis web/web-based application yang dinamis. 
Tak perlu menyediakan perangkat mewah dan mahal untuk mencobanya, Anda hanya perlu menyiapkan perangkat Linux terlebih dahulu, dan semua tools yang akan digunakan berlisensi OpenSource/bebas untuk digunakan serta mudah untuk dioperasikan. Para pengembang aplikasi yang berbasis web dinamis dan interaktif sebagian besar dibangun menggunakan perangkat LAMP ini, walaupun pada tingkatan mahir mereka menggunakan tools tambahan. Namun, sampai saat ini LAMP merupakan perpaduan tools yang lengkap dalam memenuhi kebutuhan webserver skala sederhana.

Uraian kali ini akan membahas tentang instalasi LAMP pada Ubuntu 19.04.

Proses instalasi awal, memasang paket apache webserver :

sudo apt install apache2

tunggu beberapa saat, dan jika sudah selesai proses penginstalan. Maka Anda dapat melakukan pengecekan terlebih dahulu pada status dari apache webserver tadi.

sudo systemctl status apache2

maka akan keluar gambar seperti di bawah ini :

    portal32.net-blog linux indonesia

jelas terbaca bahwa webserver yang kita instalkan diawal tadi sudah berhasil terinstall dan statusnya berjalan dengan normal. Langkah berikutnya Anda dapat melalukan pengecekan melalui web-browser dengan mengetikan http://localhost/ pada kolom alamat.

    portal32.net-blog linux indonesia




Sampai saat ini Anda telah berhasil menginstall webserver sederhana pada mesin Linux Anda. Selanjutnya adalah menginstall paket PHP.

sudo apt install php libapache2-mod-php php-mysql

buat sebuah file yang bernama info.php yang berfungsi untuk menampilkan informasi dari php yang kita gunakan. File tersebut diletakan di folder /var/www/html/

sudo vi /var/www/html/info.php

tambahkan baris berikut :

<?php
phpinfo();
?>

sudo systemctl restart apache2

tampilkan infomasi PHP lewat browser Anda, dengan cara mengetikan http://localhost/info.php maka akan muncul tampilan sesuai dengan gambar di bawah ini :


  portal32.net-blog linux indonesia


Sampai pada tahapan ini ada sudah berhasil memasang serta menjalankan webserver beserta paket PHP. Langkah terakhir adalah memasang database. Database yang akan kita gunakan adalah MySQL yang merupakan database sejuta umat.

Langkah berikut yang dilakukan adalah instalasi paket database MySQL

sudo apt install mysql-server

jika berhasil, maka tahapan terakhir adalah melakukan konfigurasi database MySQL. Jalankan perintah berikut :

sudo mysql_secure_installation

ikuti perintah sesuai yang ditampilkan pada layar terminal Anda. Jika telah selesai, maka Anda dapat coba menjalankan perintah MySQL untuk mencoba fungsi dari MySQL itu sendiri.

sudo mysql
SELECT user,authentication_string,plugin,host FROM mysql.user;

jika queri diatas berhasil dijalankan, maka Anda akan melihat hasil seperti gambar yang ada di bawah ini. Dan ini sebagai tanda bahwa database MySQL sudah terinstall pada sistem operasi Linux dan sudah bisa untuk digunakan.

   portal32.net-blog linux indonesia



Dengan langkah-lahkah di atas tadi, Anda telah berhasil  membangun sebuah WebServer sederhana untuk dioperasikan pada localhost. Teknik ini merupakan teknik dasar yang perlu Anda kuasai ketika hendak membangun sebuah infrastruktur server yang lebih kompleks lagi. Lakukan eksplorasi lebih agar Anda dapat dengan cepat beradaptasi dan meningkatkan pengalaman yang lebih menarik lagi.

Selamat Mencoba



No comments:

Post a Comment